GantiGol

Alasan Kenapa Trofi Berbentuk Cup

sumber gambar: Dari berbagai sumber
Sebarkanlah:

Sering kita jumpai trofi dari beberapa kompetisi dan liga di negara-negara Eropa berbentuk cangkir ketimbang terlihat sebagai sebuah piala. Terbuka atau tertutup di bagian atasnya, mau bertelinga atau tidak, tetap saja terlihat sebagai sebuah wadah minuman.

Bagaimana penghargaan kepada sang juara itu bisa berbentuk cup seperti itu? Berikut petikan wawancara kami dengan -siapa lagi kalau bukan demit kesayangan kita semua, tapi dia nggak pernah sayang balik ke kita- mBah Jalank.

Oiya Interview ini dilakukan siang-siang, Selasa (13/10). Demit kita satu ini memang nyentrik, mau dipanggil tengah hari bolong. Apalagi sekarang tanggal 13. Tapi, kalau siang, ia susah diajak ngomong dan jadinya wawancara ini menggunakan kertas ajaib dari mbah Jalank. Kami menulis pertanyaannya, kemudian kertas tadi muncul jawaban dari mbah Jalank.

Terkait kertas sakti tersebut, konon sepabrik dengan kertas untuk buku Suratan Takdir. Makanya bisa sakti begitu.

Seperti biasa: mBah Jalank adalah BJ, dan redaksi kami adalah GG.

GG: Mbah, cerita-cerita sejarah piala dong mbah?

BJ: Hmmm Kalian mau mulai dari mana?

GG: Kita sih aslinya pingin tahu kenapa bentuknya kayak cup

BJ: Kalau itu, wah panjang dan lama sih. Kayak coklat stick sachetan. Yang iklannya dulu kambing ditarik jadi panjang tiu

GG: Mbah piala mbah, bukan coklat

BJ: Oh sorry sorry. Tapi sebenarnya kalian sudah jelas kan, kalau cup yang bahasa Inggris itu memang artinya cangkir. Coppa bahasa Italia, copa bahasa spanyol juga arti sebenarnya sama, cangkir. Gelas bergagang.

GG: Iya mbah. Yang kami lihat sepintas, semua kejuaraan yang pakai cup, copa atau coppa bentuknya cangkir. Cuma World Cup aja yang bentuknya lebih ke piala mbah.

BJ: Eh jangan salah. Julies Rimet dulu atasnya terbuka, untuk cairan. Yaa terus diubah sama FIFA, diganti globe biar kesannya menjunjung dunia.

GG: Oh gitu tho mbah. Lalu alasannya kenapa berbentuk cangkir sih mbah?

BJ: Jadi begini. Ada dua alasan sih kenapa bentuknya kayak cangkir. Yang pertama karena seperti sudah memenangkan perang.

GG: Kok perang mbah?

BJ: DIAM DULU BISA NGGAK SIH? (Tertulis dengan huruf kapital sesuai di kertas sakti)

GG: Ampun mbah

BJ: Dulu sebagai simbol menang perang, pulangnya membawa penggalan kepala raja atau panglima tertinggi musuh. Nah, ada juga yang sudah menang perang, tapi pemimpin musuhnya sudah keburu lari. Sebagai bukti bahwa mereka menang, yang dibawa ya harta rampasan perang. Yang paling enak dibawa ya gelas, cangkir atau minuman para raja yang biasanya terbuat dari emas.

GG: Lalu kenapa bisa jadi simbol kemenangan di sepakbola mbah?

BJ: Sebentar, tho. Sabar. Belum nyampe sana.

GG: Ampun Mbah.

BJ: Dulu juga ada kontes olahraga atau adu ketangkasan di setiap kerajaan. Memanah, berkelahi, balap lari, berkuda dan sebagainya. Selain uang, para pemenang dijanjikan cangkir emas hasil rampasan perang tadi. Tak lain agar mereka semangatnya seperti sedang perang betulan. Terus kebawa deh sampai sekarang.

GG: Udah gitu aja mbah?

BJ: Kan aku bilang tadi ada dua alasan. Ini baru yang pertama.

Halaman
Sebarkanlah:

Penulis

Mbah Jalank Demit yang hidup ribuan tahun dan diam-diam suka nonton bola di tribun VIP dekat mbak-mbak istri pemain. Hmmm...

Menurut Ngana