GantiGol

Italy 2016 Euro Away Kit, Jersey Menjaga Tradisi

sumber gambar: Footballshirt Culture
Sebarkanlah:

Nah, kan! Yang kami tulis sebelumnya benar, kan? Bahwa Italia itu negara yang bisa menjaga budaya dan tradisinya. Kali ini mereka buktikan lagi dalam jersey away tim nasional Italia untuk Piala Eropa 2016 nanti.

Peluang untuk lolos ke putaran final yang digelar di Prancis tahun depan memang terbuka bagi Italia. Squadra Gli Azzurri kini nangkring sebagai runner up Grup H dan terpaut dua angka saja dari pimpinan klasemen Kroasia. Makanya, Italia langsung pede dengan merilis jersey anyarnya ini.

Menurut Puma selaku pabrikan yang mengurusi jersey mereka menuturkan bahwa tradisi, semangat dan kebanggaan sepakbola Italia menjadi inspirasi mereka dalam mendesain.

Kentalnya tradisi itu terlihat di bagian dalam kaus, tepatnya di leher, di mana emblem bertuliskan “Tradizione” terbordir dengan benang biru berlatarkan warna emas yang melambangkan Piala. Untuk sisi semangat sepakbola Italia, “Forza Azzurri” juga dituliskan di sana.

Sementara dari sisi kebanggaan, mereka memasang empat bintang. Tanda kesuksesan sepakbola Italia menjadi juara dunia tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Yah, meski jersey Euro, tak apalah, kaalau bintang Piala Dunia yang dipasang. Kalau bintang Euro, Italia kan cuma sekali dan satu bintang kurang rame.

Yang paling ekstrim dari desain ini adalah pemasangan logo FIGC. Italia keluar dari kelumrahan dengan menempatkan logo federasi mereka tepat di tengah dada. Tidak di dada kiri seperti jersey kebanyakan. Cara ini cukup menarik dan terkesan indah manakala warna Italia dipadankan dengan membujur di bagian tengah.

Secara keseluruhan, ini jersey layak koleksi. Tapi, yakin mau beli sekarang? Italia belum tentu lolos lhoo. Mending pesan kaus kebanggaan dan kritik untuk Timnas Indonesia ini saja.

Sebarkanlah:

Penulis

Rikma Peksi Tumbuh sebagai penyembuh. Terhimpit namun tak merasa terjepit. Bola itu bundar , ah itu dulu. Jaman sekarang, bola itu bandar.

Menurut Ngana