GantiGol

Jalan itu Bernama “Sepakbola”

sumber gambar: Justin Slee
Sebarkanlah:

Tidak Bung. Judul di atas tidak bermaksud menganalogikan hidup kita ini dengan sepakbola. Kita tak sepuitis itu kok. Penulisan judul itu memang merujuk ke makna sebenarnya. Ketikan ini memang tentang sebuah jalan bernamakan “Football”.

Jalan ‘Sepakbola’ ini nyata adanya. Ia terletak di sebuah kawasan bernama Yeadon, sekitar 100km ke utara dari pusat kota Leeds. (Silakan googling untuk membuktikannya atau klik saja di kalimat dalam kurung ini).

Meski Bung baru mendengar hal ini, penamaan jalan yang sedemikian rupa itu bukan lah baru adanya. Konon, sudah lebih dari seabad jalan itu bernama Football.

Awalnya, di sekitar jalan tersebut memang ada lapangan bola yang juga tak bernama dan sering dipake janjian untuk berkumpul, seperti “Eh nanti sore ke Football yuk”,  atau “Ketemu di Football aja deh”, atau juga “Lagi di Football nih”. Lambat laun ‘Football’ yang merupakan tujuan mereka berkumpul di sana beralih fungsi sebagai nama tempat itu.

Sesimpel itu penamaannya. Bukan karena pernah ada pesohor atau prestasi sepakbola yang membuat jalan tersebut dinamakan sedemikian rupa. Toh kalau diselidiki betulan, hampir tak ada pesepakbola beken Inggris yang lahir dan tumbuh di sana. Paling banter adalah mantan manajer Bradford City, Motherwell dan Rangers, Stuart McCall. Sebuah nama yang asing bagi kita. Iya, kita.

Dan, demi kelestarian dari ke-sepakbola-an jalan itu, sekitar 150 orang penduduk setempat menghiasinya dengan hal-hal yang unik dan nyentrik di rumah mereka. Biar sepakbola banget juga.

Jika masuk dari Windmill Lane, rumah terujung langsung menyambut dengan gambar bola di dindingnya. Lalu jika kita mau teliti satu-persatu rumah tersebut, ada yang asik dengan penomoran rumahnya. Banyak yang menomori rumahnya dengan ornamen skor sepakbola hingga ada yang menyebut salah satu rumah dengan "Offside" karena bangunannya yang maju ke halaman, dan lain-lain sejenisnya.

Tapi untuk menggemari sepakbola, mereka tak terpancang karena rumah mereka kebetulan jalannya Football. Sepakbola memang sudah menjadi olahraga nomor satu orang Inggris. Untuk klub favorit dari penduduk setempat pun beragam dan tak semuanya pendukung Leeds United. Ada yang fans Burnley, Manchester United  hingga Liverpool.

Hal yang menggelitik menurut curhatan penduduk sekitar adalah surat menyurat. “Itu alamatnya emang gitu?” adalah kalimat yang selalu mereka dengar ketika mereka memberi alamat kepada orang lain yang belum pernah tahu atau pernah ke sana.

Tapi selanjutnya, si pengirim surat ikut-ikutan mencoba kreatif setelah dijelaskan bahwa jalan itu benar adanya. “Mulai di amplop diberi gambar ornamen sepakbola dan bahkan teman-temanku dan teman-teman tetanggaku sering membelikan kami hiasan rumah dengan tema sepakbola,” ujar John Paynter salah satu penduduk di sana.

Pun keasyikan nama jalan dan asyiknya orang kampung Football ini, maka harga rumah di daerah sana pun ikut terangkat. Konon, harganya bisa menembus... sebentar.. kita hitung dulu.. kalau dirupiahkan sih sekitar 2M. Bagaimana tertarik membelinya? Pingin ke sana? Atau mulai lihat kiri kanan sekitar lingkungan jika ada jalan yang tak bernama, dan lalu menamainya, jalan “Sepakbola”. Boleh juga :)

Sebarkanlah:

Penulis

Rikma Peksi Tumbuh sebagai penyembuh. Terhimpit namun tak merasa terjepit. Bola itu bundar , ah itu dulu. Jaman sekarang, bola itu bandar.

Menurut Ngana