GantiGol

Kartu Hijau, Kartu Untuk si Sportif

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Kartu di sepakbola bakalan seperti lampu lalu lintas. Setelah merah dan kuning, kini muncul kartu hijau. Dan, sepakbola pun makin berwarna.

Kartu hijau ini bukan untuk melengkapi kartu-kartu pelanggaran yang sudah ada. Sebab, kartu hijau ini untuk mereka yang berlaku fairplay, sportif dan terpuji dalam sebuah pertandingan.

Adalah Serie B liga Italia yang mencoba memperkenalkan kartu hijau tersebut. Maklum, liga Italia tengah meredup buntut berbagai calciopoli. Dan hal ini adalah salah satu cara mereka mengubah dan mengembalikan citra.

Wacana yang didengungkan sejak September tahun lalu itu pun sudah dijajal di pertandingan antara tuan rumah Spezia kontra Bari di Stadion Alberto Picco, Jumat lalu.

Namun di laga yang berkesudahan tanpa gol itu tak terlihat kartu hijau yang dikeluarkan oleh wasit. Hanya kartu kuning saja yang keluar, satu untuk Spezia dan tiga untuk Bari.

Gagalkah percobaan pemberian kartu hijau itu?

Tidak. Sebab, nggak seperti kartu kuning atau kartu merah yang langsung diberikan di lapangan, kartu hijau ini berbentuk virtual. Ia hanya berupa catatan dari wasit dan pengawas pertandingan serta melalui rekaman video pertandingan. Dan, catatan itu pun tak serta merta diumumkan. Serie B akan mengumumkannya setiap akhir bulan.

Kartu hijau juga tidak dikhususkan untuk mereka yang berada di lapangan. Staff pelatih maupun pemain yang duduk di bangku cadangan, jika melakukan sikap fairplay dalam sebuah pertandingan juga akan diberi kartu hijau.

Sayangnya, Serie B tidak membeberkan secara detil tentang sikap fairplay yang bagaimana yang layak dikartu hijau. Hanya beberapa contoh seperti:

- Menghentikan laga dengan membuang bola keluar lapangan ketika ada pemain lawan yang cedera sehingga memberi kesempatan tim medis untuk menanganinya.

- Mengakui jika ia melakukan pelanggaran seperti handball ataupun pelanggaran lainnya.
- Membantu lawan mengambilkan bola yang keluar tanpa harus menunggu anak gawang.
- Mengingatkan wasit jika terjadi pelanggaran yang (mungkin) tidak terlihat oleh wasit
- dan hal-hal terpuji di mata regulasi lainnya. (Ya kalau aksi yang hanya membuat lawan memuji seperti melakukan bunuh diri, nggak dihitung sebagai perbuatan terpuji lah yaa).

Kartu hijau ini menurut Serie B juga dimaksudkan untuk meredam keculasan pemain dalam mengelabui wasit macam diving, pura-pura cedera guna mengulur-ulur waktu. Agar hubungan antara wasit dan pemain tetap mesra, meskipun wasit salah dalam mengambil keputusan.

Kartu hijau ini setidaknya mengingatkan kita juga akan aksi terpuji dari pemain-pemain yang menolak keputusan salah dari wasit, meski timnya diuntungkan.

Halaman
Sebarkanlah:

Penulis

GantiGol

Menurut Ngana