GantiGol

Pengertian dan Maksud dari Shooting

sumber gambar: Gantigol
Sebarkanlah:

Dalam pelatihan dasar yang biasanya diselenggarakan oleh SSB, tentu saja bukan oleh KPU, karena KPU hanya menyelenggarakan pemilihan umum, bukan sepakbola,  setelah berlatih passing peserta didik biasanya diajarkan untuk melakukan shooting.

Biasanya sih begitu. Kadangkala juga tidak begitu. Tergantung cuaca dan suasana hati sang pelatih saja. Jika cuaca sedang hujan lebat-lebatnya, setelah berlatih mengumpan, peserta terdidik diinstruksikan untuk berteduh saja, agar tidak terserang masuk angin. Karena tidak ada satu pemain pun –baik pemain pro mauun amatir—yang bermain bola dalam kondisi masuk angin.

Ya, begitulah. Setelah passing biasanya latihan shooting. Tapi sebenarnya apakah yang dimaksud shooting  dalam permainan sepakbola itu?

Shooting atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan sebuah usaha berbentuk tembakan, meski berakhiran -ing bukan merupakan sebuah kosakata bahasa Jawa seperti.

Shooting tak jauh beda dengan tembakan dalam ranah percintaan. Sekuat apapun, mengarah ke manapun, semuanya masih tergantung mbaknya. Di bola, kiper lah yang jadi target tembakan kita. Tujuan kita, goal, diterima atau ditolak terserah mbak atau kiper tadi.

Kalau suapan, rayuan, seserahan kita padanya tinggi, biasanya sih bakal diterima dan goal tercapai.

Dari segi bahasa, istilah yang sering muncul dalam laman statistik sepakbola ini, berasal dari KBBI. Tapi, yang perlu digarisbawahi, KBBI yang dimaksut bukanlah Kamus Besar Bahasa Indonesia, melainkan Kamus Besar Bahasa Inggris. Selain itu, penggunaan “double O” pada kata shooting, juga bukan merupakan typo, melainkan sudah dari sananya begitu.

Kenapa demikian? Jangan tanyakan saya, jangan pula pada rumput yang bergoyang. Karena dari tahun ke tahun Ebiet G. Ade sudah bertanya pada rumput yang bergoyang namun tak kunjung mendapat jawaban. Karenanya, jika Anda senggang dan tidak sedang mencuci pakaian, silahkan tanyakan pada Balai Besar Bahasa Inggris terdekat, yang lebih dekat dari jarak Ind*mrt dan Alfam*rt.

Shooting  merupakan sebuah usaha seorang pemain untuk menembakkan bola ke arah gawang secara langsung, baik dengan kaki, kepala, atau anggota badan lainnya. Terkecuali dengan tangan. Karena jika pemain melakukan suatu usaha menembakkan bola ke gawang dengan tangan, maka wasit akan meniup peluit dan menyatakan handsball. Kemudian sang wasit akan mendekat dan berbisik lirih pada sang pemain (atau juga Anda jika sedang bermain), “Maaf, Mz. Ini sepakbola, bukan polo air ataupun basket.”

Dan selagi pemain melakukan usaha menembakkan bola kea rah gawang, Anda tidak dianjurkan untuk mengirim SMS yang berbunyi: (nama pemain) (shooting), lalu dikirim ke empat digit tertentu yang kemudian menyedot pulsa Anda. Karena proses ataupun usaha menembakkan bola ke gawang bukan ajang pencarian bakat yang sering muncul di televisi, meski mempunyai kesamaan, yaitu; kita lihat secara langsung.

Sebarkanlah:

Penulis

Sophie van der Lul Namaku berakhiran Lul, karena ibu, bapak, kakek, buyutku dari Lul. Untung bukan dari Lebak Bulus, bisa-bisa jadi van der Lebak Bulus namaku. Ah apapun itu yang penting aku Sophie, Sopan tapi hepie

Menurut Ngana