GantiGol

Sepenggal Penjelasan Tentang Wildcard

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya di FPL, ada juga transfer pemain. Jika di liga betulan bursa transfer berlangsung pada jeda kompetisi dan paruh musim, di sini, transfer berlaku tiap pekan.

Selayaknya sebuah kompetisi manajer yang melombakan kecerdasan kita dalam mengatur pemain, prestasi dan keuangan, maka transfer itu diberi batasan. Hanya boleh satu kali tiap pekannya dan gratis.  Biaya transfer baru dikenakan untuk jual-beli pemain kedua dan seterusnya dalam tiap pekannya. Per transfer dikenai pengurangan 4 poin.

Semisal, dalam sebuah gameweek kamu melakukan tiga kali transfer. Karena satu di antaranya gratis, maka poinmu akan berkurang 8 angka sebagai biaya dari dua transfer sisanya.

Semoga sampai di sini, kita semua diberi pemahaman yang sepaham.

Semua di atas itu adalah aturan dasar dan rutinitas per pekannya. Semuanya bisa berubah ketika badai cedera melanda dan hukuman karena kartu menyerang pemain kita. Mau tak mau, suka tak suka, transfer harus dilakukan untuk mengganti empat hingga lima pemain. Risikonya, poin kita pun berkurang banyak, bahkan hingga 20 atau 28 poin.

Sebaiknya tenang dulu dan jangan gusar karena poin akan berkurang banyak. Masih ada wildcard yang disediakan FPL untuk mengatasi hal-hal seperti itu.

Sesuai harfiahnya, wildcard adalah ‘kartu liar’ atau ‘kartu bebas’. Tapi di FPL, hal ini tidak berbentuk kartu. Melainkan kebebasan kita untuk melakukan transfer berkali-kali, berapapun asal harga pemain mencukupi dan tentu saja tanpa pengurangan poin sedikitpun.

Sebagai pemain FPL, kita diberi dua kali kesempatan menggunakan si kartu liar ini dalam semusim. Satu di paruh musim pertama (batasnya adalah 28 Desember), satunya lagi di paruh musim selanjutnya. Jadi, kita harus pintar-pintar memilih waktu untuk menggunakannya. Utamakan hanya saat darurat seperti ketika badai cedera dan hukuman akumulasi melanda.

Selanjutnya, kini kamu pasti bertanya tanya, “Bagaimana mengaktifkan wildcard tersebut?” Atau, “Ada di sebelah mana sih si wildcard ini?

Sebenarnya gampang kok caranya untuk mengaktifkan si wildcard. Hanya tempatnya yang aagak tersembunyi dan butuh pemantik.

Sekarang coba masuk FPL-mu dan ke menu transfer. Kalau dalam keadaan normal, sekali transfer saja, tombol ‘Play Wildcard’ akan meredup.

Selanjutnya lakukan dua kali transfer untuk membuat tombol Play Wildcard tadi menyala. Ya, ia baru menyala terang jika transfer yang kamu lakukan membuatmu terkena pengurangan poin.

Setelah memahami gambar di atas, kamu bisa mencoba-coba transfer dengan liarnya. Bebas beberapa kali asal harganya pas. Sudah confirm transfer pun masih bisa diubah-ubah lagi selama deadline transfer belum ditutup.

Sebaiknya kamu hati-hati dan melakukan perhitungan tepat. Karena wildcard yang sudah digunakan tidak bisa dibatalkan.

Selamat mencoba dan selamat berliar-liar dalam bursa transfer.

Sebarkanlah:

Penulis

Rikma Peksi Tumbuh sebagai penyembuh. Terhimpit namun tak merasa terjepit. Bola itu bundar , ah itu dulu. Jaman sekarang, bola itu bandar.

Menurut Ngana