GantiGol

Shots off, Shots Block dan Kaitannya dengan Akurasi Tembakan

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Pada tulisan sebelumnya, dua buah tulisan yang sebaiknya Anda baca karena bisa membantu perekonomian penjual gorengan, sudah diterangkan tentang pengertian shooting dan juga shot on target. Dalam tulisan tersebut, shooting dan shot on target diterangkan secara tidak terang-terang amat, memang. Mengapa demikian? Karena kami adalah portal sepakbola, bukan sales  lampu. Jadi, wajar, jika kami tak tahu seberapa terang itu shootin dan shot on goal.

Selain, shooting dan shot on goal,  ada dua jenis (lagi) tembakan ke gawang yang sering muncul dalam sebuah pertandingan sepakbola, dan disandingkan dengan angka-angka, yaitu, shot off target dan shot block.

Shot off target, adalah “lawan kata” dengan shot on target. Jika shot on target merupakan suatu usaha melakukan tempabakan yang mencapai sasaran, shot off target adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh seorang pemain namun tak menemui sasaran, melenceng ke samping, ataupun ke atas.

Sama halnya dengan dengan tembakan ke arah gawang, untuk menghitung jumlah shot off target Anda tak perlu menghitungnya dengan rumus percepatan gravitasi. Namun, yang lebih penting dari hitungan itu, adalah gambar atau grafis penunjang ke mana tembakan seorang pemain itu melenceng. Dengan gambar tersebut, penonton, ataupun orang-orang yang membutuhkan data pertandingan itu tahu prosentase akurasi tembakan seorang pemain, dan juga menganalisa kaki manakah yang menjadi kaki terkuat dan akurat yang dimiliki oleh seorang pemain itu.

Selain itu, data gambar tembakan melenceng, juga bisa dimanfaatkan oleh penjual air mineral dan tahu yang sering berjualan di stadion. Dengan adanya data-data gambar tersebut, sang penjual akan tahu, berapa persen dirinya “terancam” oleh tembakan yang dilepaskan sang pemain A, jika ia bertanding.

Jenis shot yang lain adalah shot block.  Yaitu sebuah tembakan yang membetur pemain lawan sebelum sampai di muka gawang. Untuk menghitung jenis shot ini cukup mudah, yaitu tinggal hitung saja berapa kali sebuah tim ataupun seorang pemain melepaskan tembakan yang membentur pemain lawan sebelum sampai di gawang. Mudah, bukan?

Dengan demikian, dari sini, kita bisa tahu untuk menghitung akurasi tembakan sebuah tim ataupun seorang pemain adalah dengan menghitung jumlah tembakan yang tepat sasaran (on goal), kemudian dibagi dengan jumlah tembakan yang dilepaskan (on goal+off goal), lalu dibagi 100%.

Dalam menghitung akurasi tembakan, kita tak perlu menyertakan shots block. Kenapa demikian? Karena jumlah shot blok akan digunakan oleh penjual tahu stadion untuk menghitung prosentase “bola nyasar” yang dapat mengganggu stabilitas jualannya di tribun stadion, dengan menggunakan rumus: jumlah shot off target dibagi jumlah shot off target+shot block lalu dibagi 100.

 

Sebarkanlah:

Penulis

Sophie van der Lul Namaku berakhiran Lul, karena ibu, bapak, kakek, buyutku dari Lul. Untung bukan dari Lebak Bulus, bisa-bisa jadi van der Lebak Bulus namaku. Ah apapun itu yang penting aku Sophie, Sopan tapi hepie

Menurut Ngana