GantiGol

Taktik Cekik Messi, Sebuah Analisa

sumber gambar: Getty Images
Sebarkanlah:

"Alien! Ini bukan manusia! Alien!"

Kata itulah yang selalu didengungkan ketika Lionel Messi menggiring, mengecoh lawan, mencetak gol hingga memecahkan rekor demi rekor. Namun insiden ‘Cekik Leher’ yang dilakukannya kepada Mapou Yanga-Mbiwa seolah menegaskan bahwa Leo manusia biasa.

Sang Messiah tetap lah punya rasa marah dan kecewa jika gagal dribble. Namun manusia sekelas Messi tentu saja cerdas dan reaksioner. Cepat tanggap dan langsung mengeluarkan taktiknya. 

Bagaimana Messi tak boleh kesal dan bereaksi coba? Sudah menggoyang-goyangkan badan untuk step over guna melewati lawan, eh malah disemprit wasit gegara offside. Sementara si lawan diam saja dan tersenyum mengejek.

Tayangan video ini cukup bisa menggambarkan paragraf di atas tadi.


Kalau dibedah lebih dalam lagi, cekikan tangan Messi sebenarnya adalah gerak lanjutan dengan rasa kegeraman. Geram karena sebelumnya ia sempat beradu head to head. Sayang ia lebih pendek dari Mbiwa dan butuh energi lebih untuk meninggikan diri.


Cekikan terpaksa dilakukan sebagai bentuk taktik main tangan. Taktik Cekik ini tidak dipersiapkan Messi sebelumnya, bahkan di latihan sekalipun. Itu reaksi, dan itu adalah akibat.

Jadi, kesimpulannya, Mbiwa yang menang. Taktik mengejeknya cukup bisa mendikte emosi Messi.

Sebarkanlah:

Penulis

Rikma Peksi Tumbuh sebagai penyembuh. Terhimpit namun tak merasa terjepit. Bola itu bundar , ah itu dulu. Jaman sekarang, bola itu bandar.

Menurut Ngana