GantiGol

Tentang Lagu yang Membahana di Allianz Arena Itu

sumber gambar: Bayernnews
Sebarkanlah:

Saat menonton dari televisi atau cuplikan gol di You Tube, ada chant yang terdengar khas di Allianz Arena. Lagu tanpa syair, hanya “Phoo Ho Ho Ho Hooo..Hoo” makin menggema jika pemain Bayern Muenchen baru saja mencetak gol.

Teriakan itu seolah sudah menjadi anthem dari Muenchen. Eh sebentar... Masih belum ngeh rangkaian nadanya yang bagaimana?

Simak dulu video ini, baru kita bahas lebih lanjut.

Beneran sudah ditonton? Baiklah.

Seperti yang tersirat sedikit di video tersebut, lagu yang seolah menjadi milik Muenchen ini bukan berasal dari mereka, Jerman atau Italia. Terkait Italia, malah sebenarnya lebih duluan mereka ketimbang fans Bayern.

Lagu itu bahkan sudah dibilang sebagai unofficial anthem dari skuat Italia saat melakoni Piala Dunia 2006 Jerman dan menjadi backsound tetap saat upacara penyambutan mereka menjadi juara. Fans Bayern boleh dibilang meniru Italia.

Awalnya, sempat terjadi penolakan juga di beberapa fans Muenchen terkait penggunaan nada tersebut. Alasannya, lagu itu hanya akan mengingatkan mereka terkait kesuksesan Italia di tanah Jerman.

Tapi karena saktinya nada itu dalam urusan menyemangati fans Bayern pun akhirnya luluh. Toh anthem itu juga bukan milik Italia dan kalau bisa membawa kesuksesan kenapa tidak?

Ya, lagu itu bukan milik Italia. Fans Italia sebenarnya juga meniru fans lain untuk menggunakan anthem ini. Adalah fans dari Club Brugge yang memopulerkannya di sepak bola dengan menggunakan mars itu saat mereka ke Italia pada Liga Champions Eropa 2003-04.

Lagu yang didengungkan untuk menyemangati tim berjuluk Blue Army itu membuat tuah San Siro terhenti. AC Milan yang dihuni Kaka, Andry Shevchenko dan Andrea Pirlo harus menahan malu karena kalah 0-1.

Sepanjang jalan pulang, fans Brugge terus menyanyikannya. Lagu itu makin mengena di Italia ketika mereka kembali ke sana guna melawan AS Roma di ajang Europa League musim berikutnya.

Meski Brugge kali ini gagal menang, lagu itu membuat publik Italia kembali terpana. Bahkan kapten Roma, Fransesco Totti, mengaku di kepalanya selalu terngiang-ngiang akan anthem itu.

Aku tak pernah mendengar lagu seperti ini sebelum bertemuBrugge. Setelahnya, 'Po po po po po poo pooo' terus terdengar di kepalaku.Terdengar fantastis dan bayangan kerumunan suporter yang total mendukung,” kata Totti kala itu.

Setelahnya, fans Italia pun menggunakan anthem itu untuk menyemangati Gli Azzuri di Piala Dunia 2006 Jerman.

Halaman
Sebarkanlah:

Penulis

Rikma Peksi Tumbuh sebagai penyembuh. Terhimpit namun tak merasa terjepit. Bola itu bundar , ah itu dulu. Jaman sekarang, bola itu bandar.

Menurut Ngana