GantiGol

Penulis : Gantistats

Menelisik Gol Pertama Ezra dan Febri

sumber gambar: Pikiran Rakyat + Tribun
Sebarkanlah:

Timnas Indonesia memang hanya menang 2-0 atas Kamboja di laga terakhir babak penyisihan cabang sepakbola SEA Games 2017, Kamis (24/08/2017). Namun setidaknya gol Ezra Walian dan Febri Hariyadi sudah mengantarkan Indonesia ke depan pintu gerbang perebutan medali.

Jika ditelisik lebih lanjut, Ezra dan Febri masihlah kalah mentereng dari barisan pencetak gol ke gawang Kamboja di ajang SEA Games sebelum-sebelumnya.

Keduanya belum bisa bersanding dengan pencetak hat-trick ke gawang...

Lebih Baca.

Satria Kartika untuk Indonesia

sumber gambar: PSSI
Sebarkanlah:

Dua penjaga gawang, dua cedera, dua pertandingan, dua pergantian, dua cleansheet, demi satu Indonesia.

Kalimat di atas adalah gambaran dari Kartika Ajie dan Satria Tama pada dua laga babak penyisihan di SEA Games 2017. Melawan Timor Leste dan Vietnam, dua kiper ini sama-sama turun bergantian mengawal gawang Indonesia dari kebobolan.

Kartika yang sejak laga awal lebih kerap dipasang sebagai penjaga gawang utama mendapatkan cedera pada laga melawan Timor Leste. Satria kemudi...

Lebih Baca.

Siapa yang Paling Pas Temani Evan Dimas?

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Menarik untuk dibahas adalah duet Evan di lini tengah dalam skema 4-4-2 yang dikenakan Riedl. Dari empat laga uji tanding yang dilakukan Indonesia, hanya Evan yang belum tergantikan. Sepertinya, Riedl masih mengutak-atik pemain guna mencari siapa duet yang pas untuk Evan.

Lebih Baca.

Meredam Edannya Singo Edan

sumber gambar: Indonesiansc.com
Sebarkanlah:

Arema. Hmmm. Tim satu ini terlihat digdaya memang. Apalagi mereka baru saja menggulung Persija Jakarta 4-1 di pertandingan yang sungguh aneh tapi tetap dimaklumi oleh publik sepakbola negeri ini; Arema bertindak sebagai tim tamu di tanah mereka sendiri, Malang! Tapi, pertandingan itu setidaknya bisa digunakan untuk mempelajari bagaimana permainan Arema dan bagaimana meredam edannya Singo Edan. Kalau dari kami sih, begini:

Lebih Baca.

Jandia dan Teguh, Mana yang Lebih Pantas ke Timnas?

sumber gambar: Gantigol
Sebarkanlah:

Andrytani kemungkinan besar akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia menyusul cederanya Kurnia Meiga. Tapi kita tidak akan membahas keduanya, atau malah Dian Agus Prasetya. Yang akan kita bahas kali ini adalah Teguh Amiruddin dan Jandia Eka Putra.

Manakah di antara keduanya yang lebih pas didaftarkan Piala AFF 2016 jika Kurnia Meiga benar-benar absen nantinya?

Teguh sendiri dipanggil Alfred Riedl untuk melengkapi kuota tiga penjaga gawang Timnas ketimbang kiper-kiper lain yang ...

Lebih Baca.

Transisi yang Menjadi Masalah Arema

sumber gambar: PT GTS
Sebarkanlah:

Transisi sepertinya sudah bermakna lain bagi Arema Cronus. Buat tim berjuluk Singo Edan, kata ini bisa saja bermakna: masalah, persoalan, tantangan, serta apapun itu yang harus diselesaikan dan dihadapi.

Di luar lapangan, berhentinya liga negeri ini tak lain karena Arema disebut sebagai salah dua (bersama Persebaya Surabaya) yang bermasalah dalam urusan legalitas. Yang mempermasalahkan mereka adalah sebuah tim dengan nama lengkap: Tim Transisi. (Ehem, kemane aje mereka sekarang).

<...

Lebih Baca.

Monotonnya Persib dengan Adanya Sergio van Dijk

sumber gambar: Persib.co.id
Sebarkanlah:

Didatangkan kembali untuk menambah daya gedor, yang ada, Sergio van Dijk (SvD), malah melempem. Yang ada, ia telah ‘merusak’ permainan Persib Bandung menjadi monoton dan terpancang padanya saja.

Lebih Baca.

Bedah Taktik Barito Putera di Polesan Mundari Karya

sumber gambar: PT GTS/IndonesianSC
Sebarkanlah:

Gantistats yang penasaran dengan ‘taktik bunglon’ Mundari Karya mencoba membedahnya. Dapat kami simpulkan sementara bahwa secara garis besar, Barito bermain dengan 3-5-2 dan 4-1-4-1.

Lebih Baca.

Prematch Analysis: Perseru vs Persib, Kesabaran dan Hariono

sumber gambar: PERSIB.co.id
Sebarkanlah:

Perseru Serui adalah tim yang unik di Indonesian Soccer Championship 2016 kali ini. Mereka adalah tim yang kekuatannya sulit diketahui oleh lawan-lawannya, maklum pertandingan kandang mereka tak pernah ditayangkan secara langsung oleh official broadcaster. Terlihat tak adil ya? Hehehe.

Tapi ‘ketidakadilan’ itu lah yang malah dibalik Serui dan dijadikan kekuatan oleh tim berjuluk Cendrawasih Jingga. Lawan buta kekuatan, mereka pun susah ditakluk...

Lebih Baca.

Sedikit Kekeliruan Jafri Sastra yang Jadi Petaka

sumber gambar: Persib.co.id
Sebarkanlah:

Kartu merah yang menimpa Ricardo Salampessy memang boleh dibilang salah satu faktor kekalahan Persipura Jayapura 0-2 dari tamunya Persib Bandung, Kamis 21 Juli kemarin. Tapi kalau dianalisa sedikit lebih dalam, sebenarnya itu bukanlah faktor utama kekalahan tim berjuluk Mutiara Hitam itu. Yang utama adalah: kekeliruan Jafri Sastra dalam merotasi pemainnya.

Diwarnainya kartu merah pada laga tersebut membuat pertandingan ini mirip dengan laga final ISL...

Lebih Baca.