GantiGol

Penulis : Maya Yekti

Regulasi Pemain Muda dan Filosofi Singkong

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Sebuah wacana baru diapungkan PSSI dalam kongres tahunannya 8 Januari lalu. PSSI ingin menerapkan aturan yang lebih berpihak pada pemain muda.

Pada kongres yang berlangsung sekitar dua jam itu dicetuskan sebuah regulasi baru yang mengatur tentang komposisi pemain dari klub-klub peserta Liga Indonesia baik dari Indonesian Super League (ISL) dan Divisi Utama. Usia menjadi takaran dari kebijakan ini.

PSSI membatasi pemain senior dengan memberi usia pemain maksimal 35 tahun dan hanya ...

Lebih Baca.

Penggunaan Drone untuk Latihan dan Pemahaman Taktikal

sumber gambar: PSIM Stats
Sebarkanlah:

Tidak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi juga diikuti sepakbola. Terutama urusan kamera, mulai tayangan televisi, goal line technology, kamera 360 hingga drone. Untuk yang terakhir, drone sudah cukup ngetrend di Indonesia. Lalu, kenapa belum mengaplikasikan drone dalam latihan sepakbola?

Berbicara tentang drone, pesawat tanpa awak ini sebenarnya bukan barang baru. Bagi militer, drone sudah digunakan pertama kali pada tahun pada tahun 1917 untuk keperluan perang. Dan saat ini kebe...

Lebih Baca.

Begini Sebaiknya Meredam dan Menyerang Thailand

sumber gambar: Getty Images
Sebarkanlah:

Rajamangala Stadium akan menjadi saksi sejarah sekaligus akhir dari perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Kesempatan Indonesia untuk mengukir pretasi di tahun ini tentu terbuka dengan syarat Indonesia butuh hasil minimal tidak kebobolan.

Yang kemudian menarik untuk disimak ialah bagaimana sebaiknya Timnas Indonesia merespon permainan Thailand yang sudah pasti akan bermain total menyerang untuk mengejar selisih gol dengan skema 3-4-3.

Bertahan seperti saat melawan Vietna...

Lebih Baca.

Pilihan Bertahan yang Bikin Geregetan

sumber gambar: Getty Images
Sebarkanlah:

Alfred Riedl mulai menunjukkan kompetensinya sebagai pelatih tim nasional yang berpengalaman di level Asia Tenggara. Kali ini ia kembali sukses mengantarkan Tim Garuda Merah Putih kembali ke final Piala AFF melalui pilihan bertahan yang bikin geregetan.

Ya, pada leg kedua melawan Vietnam, Rabu (9/12/2016), kemarin, Riedl sukses membuat hampir seluruh masyarakat sepakbola Indonesia spot jantung. Geregetan tak tertahankan karena permainan bertahan Indonesia.

Sedari awal, keunggu...

Lebih Baca.

Memanfaatkan Cadangan Ketiga di FPL

sumber gambar: FPL
Sebarkanlah:

Memilih pemain potensial menjadi satu hal yang wajib dilakukan para bos Fantasy Premier League (FPL) di setiap pekannya. Namun, tugas kita sebagai bos tentu tak hanya beradu soal kecakapan meramu starting line up, bung dan nona juga harus cerdik menyiasati keuangan klub bahkan sejak dari bangku cadangan.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam berfantasi adalah memastikan semua pemain yang dipilih sebagai stater bisa tampil di pertandingan sebenarnya. Bung dan Nona wajib memantau pernamp...

Lebih Baca.

Tiga Pemain yang Wajib Dimiliki di Skuat FPL-mu

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Selain memilah dan memilih pemain yang sedang on fire di setiap pekannya, hal penting lain yang harus dilakukan para manager Fantasy Premier League (FPL) ialah kudu jeli memilah pemain yang bisa mendulang poin tambahan, yaitu pemain yang posisinya lebih menyerang di lapangan daripada di database.

Pemain seperti ini wajib Bung atau Nona (jika ada) miliki dalam skuat fantasimu. Mengapa? Ya karena peluang poinnya bisa dobel-dobel tanpa harus menjadikannya kapten atau memilihnya dengan tri...

Lebih Baca.

No Aguero No Problemo! Ini Pemain Potensial Poin Lainnya

sumber gambar: Gettty Images
Sebarkanlah:

Bagi Bung pemilik Kun Aguero di FPL, sepertinya Bung harus mendepaknya. No Aguero? No Problemo! Karena masih ada deretan pemain potensial lainnya.

Lebih Baca.

Sekadar Saran untuk Sarman

sumber gambar:
Sebarkanlah:

Sarman El Hakim menjadi pusat perhatian tersendiri dalam Debat Calon Ketua Umum PSSI lalu. Pembawaannya yang energik, menarik, dan asyik, membuat namanya mulai dikulik-kulik dan dicari sepak terjangnya, yang ternyata tak kalah nyentrik.

Sarman begitu mendominasi dan banyak menimbulkan gelak tawa di ajang debat yang diprakarsai oleh PSSI Pers, pada Selasa (4/10) lalu itu. Ia terlihat mempunyai kegelisahan berbeda jika dibandingkan dengan kontestan lain yang biasanya mengeluh soal pembina...

Lebih Baca.