GantiGol

Penulis : Sophie van der Lul

Kenapa diperpanjang Jika Mignolet Makin Lelet?

sumber gambar: sudah cukup jelas di watermark
Sebarkanlah:

Berbicara tentang Simon Mignolet adalah berbicara soal rasa. Tentang selera. Tentang pandangan mengenai baik dan buruk.

Aku pun dengan mudah menyimpulkan: kalau Mignolet buruk dan makin lelet.

Lebih Baca.

Bergurulah pada Flanagan, Sepakbola Indonesia!

sumber gambar: Sudah cukup jelas di watermark
Sebarkanlah:

Bagi bintang muda Liverpool, Jon Flanagan, tidak bermain bola selama hampir dua tahun tentu merupakan sebuah kesedihan mendalam. Tak banyak pemain yang bisa melewati masa-masa sulit yang demikian. Bagi Indonesia, yang anak bangsanya begitu gila pada sepakbola, mendapat sanksi FIFA dan tak punya liga bisa jadi juga merupakan sebuah kesediahan mendalam. 

Jon Flanagan adalah contoh terbaik bagi sepakbola Indonesia dalam mengisi kekosongan sepakbola.

Lebih Baca.

Bendera Corner, Penting Tapi Tak Penting-Penting Amat

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Selalu kita jumpai di lapangan sepakbola, di setiap empat sudutnya, tertancap bendera dengan tiang setinggi lima kaki. Bendera corner. Bendera penting, tapi tak penting-penting amat.

Bendera tendangan sudut itu fungsi utamanya hanyalah sebagai penanda tepian lapangan. Ada ataupun tak ada bendera tersebut, sebenarnya, baik wasit maupun pemain, udah tahu kok di manakah batas lapangan perrmainan. Sudah ada garisnya dicat dengan jelas.

Bendera itu tak penting-penting amat bukan?

Lebih Baca.

Akal-akalan Duo Madrid yang Berujung Bann

sumber gambar: Sudah cukup jelas di watermark
Sebarkanlah:

Kedua klub ibukota Spanyol ini punya satu kesamaan: keduanya terkesan mengesampingkan program pengembangan pemain muda.  Dan hal itulah yang kemudian diendus Komisi Disiplin FIFA.

Lebih Baca.

Menelaah Alasan Pemain Melakukan “Bunuh Diri Kelas”

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Tentu ada hal mendasar yang melatarbelakangi hengkangnya pemain-pemain bintang itu ke Britannia Stadium dan mau melakukan “bunuh diri kelas”. Ya, “bunuh diri kelas”, dari bermain untuk tim kelas wahid, kemudian hengkang ke tim-tim biasa saja, demi menambuh saldo dalam rekening mereka.

Lebih Baca.

Cutting Inside, Bukan Cutting Sticker

sumber gambar: GANTIGOL
Sebarkanlah:

Cutting inside dan cutting sticker jelas berbeda. Meski sama-sama menggunakan frase “cutting” yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai “memotong”, keduanya punya perbedaan objek yang dipotong.

Dalam cutting inside, yang sering kita dengar dari para pengamat sepakbola, yang dipotong adalah lajur pada lapangan bola. Sedangkan dalam cutting stiker, objek yang dipotong adalah bahan stiker, bisa berupa Kiwalite ataupun Oracal.

Pun demikian dengan alat memotongny...

Lebih Baca.

Kenapa Harus Bermain di Kandang, Serie A?

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Aku hanya ingin menanyakan pada tim-tim Liga Serie A: Kenapa mereka harus bermain di kandang, jika hasilnya tak bagus-bagus amat dan lebih cenderung mengecewakan pendukungnya, Bung?

Lebih Baca.

Zidane Hanyalah Orang Ketiga

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Zidane tak ubahnya orang ketiga. Ia hadir dan akan memimpin Los Blancos meski kehadirannya tak –atau bisa dikatakan belum—diharapkan. 

Lebih Baca.

Hamstring Liverpool, Efek Samping Gegenpressing

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Gaya bermain gegenpressing tentu saja membutuhkan pergerakan yang cepat dalam berlari. Lari dengan cepat, sejurus kemudian berganti arah (mengikuti arah bola), untuk kembali menguasai bola jika sedang dalam penguasaan lawan. Pergerakan yang eksplosif (berlari secara cepat, lalu berganti arah) itulah yang seringkali menjadi penyebab para pemain terkena cedera hamstring. 

Lebih Baca.

Penunjukkan Zidane, Penyelamatan Muka Perez, dan Perbandingannya dengan Pep

sumber gambar: GettyImages
Sebarkanlah:

Sampai di sini, aku jelas, tak rela jika Zidane –yang sampai batas tertentu aku kagumi juga—hanya menjadi korban keganasan sang presiden. 

Terlebih, dengan penunjukkan ini, publik mulai membanding-bandingkan antara Zidane dengan Pep Guardiola, yang sebelumnya menangani Barcelona. 

Lebih Baca.