REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Amad Diallo, Apa Spesialnya dari Wonderkid Minim Pengalaman?


M Bimo pada 2021-01-10 jam 12:00 PM


Gantigol/Ilham Dito


Bursa transfer Januari 2021 telah dibuka. Klub-klub sibuk mencari dan merampungkan negosiasi transfer pemain yang akan dilakukan ataupun yang tertunda. Beberapa klub bahkan sudah mengumumkan pemain anyar yang akan menjadi bagian dari pasukan mereka mulai dari sisa musim ini.

Salah satu klub itu adalah Manchester United. Setan Merah terbilang gercep alias gerak cepat dengan mengumumkan salah satu pemain anyar yang merapat di awal-awal jendela transfer. Pemain baru yang belum lama ini diumumkan adalah Amad Diallo.

Mungkin nama pemain ini masih asing di telinga banyak pecinta sepakbola. Wajar, Diallo adalah seorang pemain muda yang Setan Merah datangkan dari klub Serie A, Atalanta. Menurut keterangan di website resmi klub, Atalanta dan MU sebenarnya telah mencapai kesepakatan sejak 5 Oktober 2020. Namun, karena waktu yang mepet deadline untuk melengkapi tes kesehatan dan izin kerja serta visa, kepindahan pemain asal Pantai Gading ini harus tertunda.

Amad Diallo dikabarkan menandatangani kontrak bersama Manchester merah hingga 2025 dengan opsi perpanjangan satu tahun. Atalanta melepas pemain berusia 18 tahun ini setelah MU menebusnya dengan mahar sebesar 21 juta Euro. Kini urusan administrasi kepindahan Diallo telah rampung. Ia telah siap berlatih bersama skuat Ole Gunnar Solksjaer secepatnya.

Tapi sebelum menantikan aksinya di lapangan berseragam Manchester United, siapa sih sebenarnya Amad Diallo ini?

Jam terbang rendah dan belum pernah dipanggil timnas

Diallo lahir di Abidjan, kota terbesar di Pantai Gading, 18 tahun yang lalu. Namun ia sudah pindah ke Italia sejak usia  muda bersama adik laki-lakinya yang juga menjadi pemain sepakbola. Kini adik laki-lakinya itu bermain untuk Sassuolo.

Pemain yang menempati posisi sayap ini memulai karier mudanya bersama Boca Barco pada 2014, saat itu usianya baru 12 tahun. Talenta dia mulai terlihat, banyak klub Serie A yang kemudian berkeinginan untuk merekrut pemain muda satu ini. Pada 2015, dia bergabung dengan Atalanta dan menjadi bagian dari tim U-14 mereka.

Diallo terus menunjukkan performa yang luar biasa. Tidak hanya pada U-14, ia tetap menunjukkan konsistensi pada Atalanta U-17 dan U-19. Winger ini mencetak 12 gol untuk U-17, saat pindah ke U-19 Diallo turut mengemas enam gol dan enam assist yang membantu Atalanta U-19 menjuarai liga remaja Primavera 1 musim 2018/2019.

Secara resmi ia debut di tim senior pada Oktober 2019. Menjadi pemain pengganti pada menit ke-79 saat kontra Udinese, Diallo langsung mencetak gol perdananya di pertandingan debutnya itu. Gol tersebut membuat Diallo mencatatkan rekor pemain kelahiran 2002 pertama yang mencetak gol di Serie A.

Meski begitu, Amad Diallo masih minim pengalaman bermain di tim senior. Musim lalu dia hanya diturunkan tiga pertandingan di Serie A dengan total 24 menit bermain. Musim 2020/2021 ini, ia baru turun satu kali di Serie A dan satu kali di ajang Champions League. Atalanta sebenarnya mau menawarkan kontrak peminjaman Diallo sampai akhir musim sebelum pindah ke Old Trafford. Namun Manchester United menolak penawaran tersebut.

Kalau soal teknik bermain, Diallo merupakan seorang penyerang sayap yang cenderung sering menusuk ke dalam kotak penalti lawan dan sesekali melakukan cut-back. Melakukan umpan atau tendangan dengan kaki kiri ataupun kanan tak ada masalah baginya, kedua kakinya sama kuat.

Faktor yang harus diwaspadai klub Premier League lainnya adalah bagaimana ia mampu berkontribusi penuh untuk mencetak gol ataupun assist. Tetapi mengingat jam terbang bermain di panggung tertinggi masih kurang, sulit rasanya menilai efektivitas dari permainan Amad Diallo. Label harga 21 juta Euro yang tergantung pada dirinya adalah satu-satunya alasan para penggemar Manchester United menaruh harapan besar pada wonderkid satu ini.

Nomor punggung 19 yang sudah lama tidak ada pemiliknya

Meski kepindahan Amad Diallo ke Old Trafford cukup mencuri perhatian, selain harganya mahal ia juga menjadi rekrutan pertama Manchester United pada jendela transfer Januari ini, namun tampaknya Diallo tak bisa terburu-buru untuk langsung masuk ke tim utama Setan Merah.

Lagi-lagi minim pengalaman bermain di tim senior menjadi alasan utama. Apalagi Diallo juga belum pernah memperkuat tim nasional Pantai Gading, bahkan di level remaja sekalipun. Menurut laporan Sky Italia, pemain ini juga tampaknya sudah memiliki paspor Italia. Bisa saja dalam beberapa bulan ke depan, Diallo dipanggil untuk memperkuat antara timnas Pantai Gading atau Italia.

Secara realistis, winger 18 tahun ini akan dibina dulu selama beberapa tahun ke depan sebelum bisa mencicipi tempat reguler di tim utama. Faktanya, kepala akademi Dave Harrison, kepala perekrutan pemain muda Marcel Bout dan Jim Lawlor serta kepala teknis perekrutan pemain muda Mick Court, semuanya telah menyimpulkan laporan bahwa Amad Diallo adalah pemain muda calon superstar masa depan.

Setelah mengeluarkan pengumuman perekrutan pada 7 Januari 2021, Manchester United pada Jumat 8 Januari 2021 memberikan pengumuman susulan berupa nomor punggung yang akan dipakai Amad Diallo. Di Atalanta ia mengenakan nomor punggung dengan angka yang cukup besar yakni 79.

Menurut kabar yang diunggah akun Twitter resmi klub, Diallo akan memakai nomor 19 di balik punggungnya. Pemain 18 tahun ini juga akan memakai nama Amad di jersey merah tersebut.

Pemilihan nomor 19 ini dirasa cukup unik. Sebab, nomor 19 ini sudah tak mempunyai pemilik sejak Marcus Rashford yang terakhir memakainya pada musim 2017/2018.

Dengan nomor punggung itu, Rashford mencetak 24 gol dalam 105 penampilan selama dua musim di Old Trafford. Nomor 19 ini juga pernah dipakai oleh beberapa pemain kunci Manchester merah pada masa lampau. Sebut saja seperti Dwight Yorke dan kiper Edwin van der Sar ketika pertama kali tiba di Old Trafford dari Fulham.

Debut Amad Diallo di Manchester United memang patut untuk dinantikan. Semoga dia tidak terbebani dengan nomor punggung 19 itu ya.


TAG: Amad Diallo Manchester United Premier League






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI