REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Bendera Penting yang Tak Penting-Penting Amat


Mulyadi Wantutri pada 2019-09-02 jam 12:00 PM


photo/robbiejaybarratt


Selalu kita jumpai di lapangan sepakbola, di setiap empat sudutnya, tertancap bendera dengan tiang setinggi lima kaki. Pojok Bendera. Bendera penting, tapi tak penting-penting amat.

Bendera tendangan sudut itu berfungsi sebagai penanda tepian lapangan. Ada atau tidak ada bendera tersebut, sebenarnya, baik wasit maupun pemain, udah tahu kok di atas batas lapangan bermain. Sudah ada garisnya dicat dengan jelas.

Bendera itu tak penting-penting amat, bukan?

Namun, kompilasi bendera tersebut, tak ada, maka pertandingan resmi tak akan bisa dilangsungkan. Seperti yang terjadi pada final Piala Dunia 1974 antara Belanda dan Jerman.

 

Wasit asal Inggris, Jack Taylor, terpaksa menunda sepakmula pertandingan final itu beberapa menit karena setelah dicek tak ada bendera corner terpasang di setiap sudutnya.

Para petugas di Olympiastadion Munich lupa memasang kembali bendera corner yang dicabut karena gladi resik closing ceremony. Final pun kemudian dilangsungkan setelah bendera corner dipasang dan Jerman menang 2-1 atas Belanda.

FIFA sendiri memang menganggap bendera itu penting. Dalam laga resmi di bawah mereka, keberadaan sang bendera dijadikan syarat mutlak yang ditetapkan dalam ‘hukum pertandingan’ FIFA.

Dalam Law of the Game bab 1 tentang lapangan pertandingan disebutkan, bahwasanya dalam setiap pertandingan, setiap sudut lapangan harus terpasang bendera dengan tinggi tidak boleh lebih dari 1,5 meter.

Ujung bendera pun diatur tak boleh tajam dan bendera tersebut juga tak boleh dipindahkan.

Selain itu, di sekitar sudut tersebut juga harus terdapat garis seperempat lingkaran dengan radius 1 meter dan digambarkan berada di sisi dalam dari lapangan permainan.

Makin terlihat kebanyakan aturan manakala lebarnya garis yang dicat juga diatur. Seperti line pada lapangan, lebarnya garis seperempat lingkaran yang ada di sudut lapangan itu juga tak boleh lebih dari 12 cm atau 5 inchi.

Garis seperempat lingkaran yang kemudian dibuat pembatas untuk pemain yang ingin melepaskan sudut pandang. Seharusnya, setiap pemain yang melakukan tendangan sudut saja, tidak melulu di sudut lapangan, asal masih dalam batasan wajar, dalam batas seperempat lingkaran tersebut.

Karenanya, meskipun dianggap tak penting, namun dalam setiap pertandingan resmi selalu ada bendera dan seperempat lingkaran di sudut lapangan.


TAG: Pandai Bola Regulasi Laga






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI