REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Brian Brobbey, Pemain Muda Penuh Talenta dari Ajax Amsterdam


M Bimo pada 2021-02-11 jam 12:00 PM


Gantigol/Ilham Dito


Sudah bukan rahasia lagi kalau akademi Ajax adalah salah satu yang terbaik di dunia. Mereka secara rutin mengorbitkan pemain muda penuh talenta setiap tahunnya. Jika dirunut, ada banyak sekali mantan pesepakbola berstatus legenda yang merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam.

Kalau di zaman sepakbola moderen seperti sekarang, mungkin nama-nama seperti Toby Alderweireld, Matthijs De Ligt, Jan Vertonghen hingga Donny Van De Beek adalah contoh jebolan akademi yang terbilang sukses.

Ada budaya unik bagi para penyerang muda Ajax untuk menandakan kehebatannya di level tertinggi, yakni dengan mencetak gol pada pertandingan debutnya di tim senior. Johan Cruyff, Marco van Basten dan Patrick Kluivert semuanya melakukan itu. Sementara penyerang muda yang belum lama melestarikan budaya ini ada  Sontje Hansen  dan Naci Unuvar, mereka mengemas gol pada pertandingan debut di Ajax senior.

Satu sosok lagi yang melengkapi namanya ke dalam daftar tersebut ialah Brian Brobbey. Pemain kelahiran Amsterdam ini belum lama ini mencetak gol perdana di pertandingan debutnya bersama Ajax senior. Gol itu tercipta di Eredivisie pada Oktober 2020 lalu saat Ajax bersua Fortuna Sittard. Brobbey menandai debutnya dengan sebuah gol.

Pemain berusia 18 tahun ini telah lama dipantau oleh banyak klub, ia dikenal sebagai calon bintang masa depan Belanda. Brobbey memiliki bakat fisik yang hampir imbang jika dibandingkan dengan Romelu Lukaku. Banyak yang menyebutnya sebagai "the next Lukaku". Meski ia juga mengidolai bintang Inter Milan tersebut, namun penyerang ini lebih suka menyebut dirinya sebagai "the new Brian Brobbey".

Pemain muda dengan segudang prestasi

Sejak dari akademi, Brobbey membuktikan bakatnya dengan mencetak gol dengan jumlah yang gila-gilaan. Dalam empat musim terakhir dia mencetak total 94 gol!

Brobbey cilik mulai bermain sepakbola saat bergabung dengan di akademi AFC, klub amatir yang cukup terkenal di Amsterdam. Hingga akhirnya pada 2010, sang ayah membawa kabar mengejutkan bahwa Brobbey dihubungi Ajax Amsterdam untuk masuk ke akademinya.

Perjalanan di Ajax dimulai saat ia berusia delapan tahun, Brobbey menghuni skuat U-9. Dia di sana bersama Ryan Gravenberch, Kenneth Taylor yang juga kini sudah mencicipi bermain di level senior bersama Ajax. Mereka memenangkan banyak turnamen internasional dan trofi sepanjang tahun. Brobbey adalah salah satu kapten tim juga ketika itu.

Tantangan pertama dihadapi oleh Brobbey pada musim 2016-2017. Pada tim U-15, Brian Brobbey untuk pertama kalinya dipasang sebagai pemain sayap sepanjang tahun, alih-alih menjadi striker. Meskipun demikian, ia tetap mampu mencetak 17 gol meski bermain di bukan posisi utamanya.

Musim selanjutnya adalah musim yang spesial bagi pemuda asli Amsterdam ini. Ia bersama dengan Kenneth Taylor, Sontje Hansen dan Ki-Jana Hoever semuanya dipromosikan dari U-15 ke U-17. Ia bahkan beberapa kali ditarik untuk bermain dengan skuat U-19 meski usianya baru 15 tahun dan banyak membantu tim itu.

Dia terlibat dalam total 43 gol dengan rincian 34 gol dan 9 assists untuk tim U-17 dan U-19. Jumlah ini menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak Ajax Youth Academy. Raihan tersebut turut menarik perhatian pelatih timnas Belanda U-17, Brobbey terdaftar di timnas sejak Mei 2020 lalu.

Sejak saat itu, talenta Belanda ini memenangkan EURO U-17 dan Brobbey mencetak tiga gol selama turnamen, salah satunya ketika melawan Italia di final. Sepulangnya dari EURO, Brobbey dihadiahi kontrak profesional pertamanya di Ajax pada Juni 2018.

Musim penuh prestasi bagi Brian Brobbey terjadi pada 2018-2019. Di mana, striker yang jadi langganan starter Ajax U-19 kembali meraih gelar pencetak gol terbanyak dengan raihan 40 gol lebih. Ia melakukan debut di tim U-21, memenangkan gelar Eredivisie U-19, memenangkan piala liga bersama Ajax U-19 dan menjadi juara Eropa di tim U-17 dua kali berturut-turut. Hanya perlu diingat, sederet prestasi itu bisa ia raih pada usianya yang masih 16 tahun.

Sedangkan musim 2019-2020 mungkin jadi musim yang berjalan seperti roller coaster untuk Brian Brobbey. Pada musim ini ia menderita cedera pergelangan kaki usai menjalani pertandingan persahabatan dengan Barcelona U-19. Ajax Amsterdam U-19 datang ke Catalan sebagai tamu kehormatan dalam rangka peresmian Stadion Estadi Johan Cruyff.

Namun pada menit-menit akhir pertandingan itu, Brobbey mendapat tekel cukup keras yang membuatnya harus menepi hingga November 2019. Cederanya ini juga menjadi biang kerok kegagalan dia untuk tampil di Piala Dunia U-17 di Brasil. Meski begitu, Brobbey akhirnya mendapat kesempatan untuk melakoni debutnya di Ajax senior pada Oktober 2020.

Hingga saat ini, Brian Brobbey telah mencatatkan lima kali penampilan di Eredivisie dengan raihan dua gol dan satu assist. Namun untuk sekarang tampaknya kontribusi utama Brobbey masih dibutuhkan untuk Jong Ajax.

Brobbey bukan hanya seorang striker yang sangat piawai mencetak gol. Dia juga memiliki kemampuan untuk membangun serangan jika dibutuhkan untuk turun ke dalam. Dia bisa jadi tembok dan penahan bola, sangat baik untuk membuka ruang dan menciptakan ruang bagi rekannya maupun untuk dirinya sendiri untuk melakukan tembakan. Tubuhnya yang besar membuatnya menjadi pemain yang sulit ditaklukkan oleh bek lawan.

Dilansir dari Goal, Brobbey memiliki keinginan untuk berkarier di luar Belanda, jika kemungkinan menjadi striker utama Ajax Amsterdam sulit dicapai.

"Saya lebih suka pergi ke Jerman, menurut saya Bundesliga paling cocok dengan permainan saya," ujarnya.

Namun, ada laporan yang mengaitkan pemain muda ini dengan Real Madrid. Tapi sebelum benar-benar pindah, Brobbey masih ingin membuktikan kelayakannya pada klub masa kecilnya ini. Tentu hal yang paling mendesak adalah dia harus mengurus perpanjangan kontrak terlebih dahulu, karena kontraknya bersama Ajax akan kadaluarsa pada musim panas 2021 ini.

Menarik dinanti ke mana kaki Brian Brobbey akan melangkah selanjutnya. Tapi jika menilik sejarah bahwa ia pernah mencetak gol di pertandingan debutnya bersama Ajax, Brobbey bisa saja mengikuti jejak kesuksesan pendahulunya yang sukses menaklukkan dunia lewat lapangan hijau.


TAG: Brian Brobbey Ajax Amsterdam Eredivisie Euro U-17






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI