REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Fran Kirby Selamat dari Jurang Pensiun Dini


M Bimo pada 2021-12-13 jam 12:00 PM


Gantigol/Aldito Ilham


Gegap gempita Ballon d'Or masih terasa. Lionel Messi menciptakan rekor memenangkan penghargaan prestisius itu sebanyak tujuh kali, menjadi pemain paling banyak yang pernah menyabet gelar tersebut.

Di sektor perempuan, ada kapten Barcelona, Alexia Putellas yang dinobatkan sebagai ratu sepak bola. Putellas juga jadi menjadi aktor kemenangan Barcelona di final Champions League saat mengalahkan Chelsea 4-0.

Meski begitu, artikel ini tidak membahas Alexia Putellas. Dia memang pesepakbola wanita terbaik, paling tidak untuk saat ini. Namun, ada perjuangan menarik di luar meriahnya pesta penobatan pesepakbola terbaik dunia ini.

Fran Kirby, sayap kanan tim perempuan Chelsea, nyaris dipaksa gantung sepatu pada usia muda. Ia sempat kolaps dan didiagnosa menderita penyakit jantung yang bisa mengancam karier sepakbolanya pada 2019 lalu.

Namun, tahun 2021 ini Kirby menjadi satu-satunya pemain FA Women's Super League yang sukses mencetak lebih dari 10 gol dan asis dalam satu tahun. Pemain timnas perempuan Inggris ini juga sebenarnya masuk 10 besar pemenang Ballon d'Or. Ada jalan panjang yang Fran Kirby tempuh, dan tentunya tak mudah.

 
Pericarditis Mengancam Karier

Pada 18 November 2019, Fran Kirby menjalani hari dengan biasa. Dia berlatih di gym tanpa masalah, kemudian Kirby melakukan latihan shooting dan lari sprint seperti biasa pula. Setelah itu, Kirby mengalami batuk dan gejala seperti flu. Namun saat itu ia merasa bukan sesuatu yang harus dipermasalahkan, sampai akhirnya sadar bahwa itu sedikit tanda tidak baik dari tubuhnya.

Setelah menyelesaikan latihan, Kirby datang ke acara sponsor bersama dengan Beth England, rekannya di Chelsea dan timnas Inggris. Mereka menyempatkan makan malam bersama dengan Maren Mjelde setelah acara itu. Di situ lah Fran Kirby tiba-tiba kolaps.

"Dada ku terasa sangat sakit, 100 kali lipat dari rasa sakit dada biasa, kepala rasanya berputar, dan akhirnya pingsan," ujar Kirby dilansir ESPN.

England dan Mjelde langsung menghubungi nomor darurat, agak menyeramkan melihat orang yang tadinya sehat, segar, bugar lalu tiba-tiba pingsan. Dokter tim Chelsea, Francisco Moreira juga datang untuk mengecek kondisi pemainnya.

Setelah diperiksa, pemilik nama lengkap Francesca Kirby ini didiagnosa mengidap pericarditis. Kondisi ini dipicu oleh virus yang pengidapnya merasa seperti efek terbakar di sekitar jantung.

Kabar ini hanya diketahui tim dokter, pelatih, England, Mjelde, dan Kirby sendiri. Mereka sengaja tidak memberi tahu ke seluruh tim, karena status Kirby yang merupakan pemain senior, kabar ini bakal cukup mempengaruhi mental-mental pemain lainnya.

Fran Kirby diistirahatkan selama beberapa pekan oleh pelatih Emma Hayes dengan alasan terpapar virus. Pada Desember 2019, Kirby memutuskan untuk menutup akun Twitter dan Instagram miliknya. Absennya Kirby dan hilangnya akun media sosial, menimbulkan banyak pertanyaan dari media dan suporter.

Situasi bertambah pelik ketika di penghujung 2019 itu, Chelsea merekrut pemain bintang asal Australia, Sam Kerr. Banyak yang menyebut Kerr bakal diplot untuk menggantikan Fran Kirby yang absen panjang.

Situasi ini membuat Kirby merasa tak nyaman. Setelah menghabiskan banyak waktu di kasur untuk beristirahat,Kirby sempat terbesit niat untuk gantung sepatu di usianya yang masih 27 tahun. Tak heran karena tubuhnya benar-benar belum siap untuk kembali merumput saat itu.

Dia sudah menemui Hayes di ruangannya, namun kata-kata itu tak kunjung terucap. Pertemuan itu berujung dengan meledaknya tangisan Kirby yang curhat soal masalah ini ke pelatihnya.


sumber foto: morningstaronline

 

Datang untuk Kembali

Bulan-bulan pertama menjalani pemulihan terasa sangat berat bagi Kirby. Dia mengaku mengalami sakit dada hampir seharian pada setiap harinya. Pemain berposisi di sayap kanan ini juga tidak diperbolehkan banyak bergerak oleh dokter, dan harus mengenakan alat deteksi detak jantung sepanjang hari.

Pada Februari 2020, klub akhirnya mengumumkan kondisi Kirby yang sebenarnya kepada publik. Ia menerima banyak pesan dukungan, salah satunya dari suporter yang mengaku mengidap penyakit yang sama. Mereka sempat bertukar pikiran dan pengalaman yang membuat semangat Kirby untuk pulih tumbuh kembali.

Fran Kirby terus melanjutkan program pemulihannya, walaupun niat untuk pensiun beberapa kali terlintas di pikirannya. Pada suatu waktu di pertengahan Juni, ia merasa tubuhnya lebih ringan dari biasa. Kirby mencoba melakukan jogging, latihan outdoor menggunakan bola dan meningkatkan intensitasnya.

Seperti itulah caranya mengembalikan kepercayaan diri dan kesiapan tubuhnya untuk kembali ke level di mana seharusnya ia berada. Hingga akhirnya pada Agustus 2020, Kirby melakukan comeback resmi di lapangan hijau saat Chelsea membabat Manchester City di laga Community Shield. Ini adalah penampilan pertamanya setelah sembilan bulan absen.

Banyak keraguan apakah pemain ini bisa kembali ke level terbaiknya. Namun ia buktikan di musim 2020-2021 dengan berhasil mencetak 16 gol dari 18 penampilan. Kirby juga turut mempersembahkan trofi Community Shield, WSL Cup, serta membawa Chelsea menjadi runner up Champions League.

Di musim 2021-2022 ini, Kirby tetap tak terhentikan. Ia sudah bermain sebanyak delapan kali dengan torehan enam gol. Fran Kirby juga menjadi satu-satunya pemain WSL yang sukses mencetak lebih dari 10 gol dan asis dalam satu tahun. Pada kalender 2021 ini, Kirby setidaknya sudah mengoleksi 19 gol dan 11 asis.

Penyakit pericarditis itu seakan hanya angin lalu. Hingga kini penyakit itu hanya membuat Fran Kirby menepi sementara, lalu tak menimbulkan perubahan apa pun di lapangan hijau. Kirby tetap pemain yang hebat dan sulit untuk ditandingi.

Dia hanya perlu memastikan jantungnya baik-baik saja ke depannya. Gejala sakit terakhir kali ia alami pada Juni 2020 lalu. Pengalaman ini justru membuat dia bertekad untuk menebus waktu sembilan bulan terbuang percuma dengan memberikan permainan yang terbaik untuk klub, timnas, dan juga suporter.

"Jadi, aku akan terus memberikan yang terbaik untuk Chelsea, dan kemudian untuk tim nasional," ujarnya.


TAG: Chelsea Tokoh Fran Kirby






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI