REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Francois Zahoui, Pemain Afrika Pertama yang bermain di Serie A


M Bimo pada 2020-09-13 jam 12:00 PM


Gantigol/Ilham Dito


Afrika merupakan benua dengan potensi sepakbola yang kuat. Banyak pemain dari negara-negara Afrika yang sukses berkarier di Benua Biru. Bahkan gak jarang dari mereka yang didapuk sebagai legenda klub karena loyalitas dan kontribusinya.

27 September 1981 di Stadion Artemio Franchi, tercipta sejarah baru di Serie A. Francois Zahoui yang bermain untuk Ascoli masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua menggantikan peran Carlo Trevisanello. Zahoui adalah pemain berpaspor Pantai Gading dan saat timnya bermain imbang dengan tuan rumah Fiorentina itu, ia merupakan pemain Afrika pertama yang bermain di kompetisi resmi Serie A.

Musim panas 1981, pria kelahiran 58 tahun yang lalu ini merantau dari negaranya saat masih berusia 18 tahun. Ia menandatangani kontrak profesional bersama Ascoli setelah tampil mengesankan untuk klub lokal Stella Club d'Adjame. Wajar kalau kamu belum pernah mendengar nama klub ini, sebab mereka adalah klub junior yang berbasis di Abidjan, Pantai Gading.

Sebelum merekrut Zahoui, Ascoli menjalani musim di mana nasib mereka di Serie A nyaris berakhir. Mereka finis di urutan 10 dari 16 tim. Poin mereka beda tipis dari jurang degradasi. Beruntung keunggulan head-to-head yang Ascoli miliki tak membuat Il Picchio terdegradasi.

Saat itu, klub-klub Serie A sedang puasa mencari pemain asing. Hal ini terjadi karena buntut dari penampilan buruk Italia pada Piala Dunia 1966, di mana mereka dikalahkan oleh Korea Utara dan Uni Soviet. Saat itu, negara sepakbola pizza ini disebut memiliki terlalu banyak pemain asing sehingga membuat pemain lokal jarang mendapat menit bermain.

Pada awal musim 1981-1982, Zahoui menjadi salah satu dari 18 pemain asing yang merumput di Serie A. Meski pada musim berikutnya jumlah pemain asing bertambah, namun Zahoui tetap menjadi satu-satunya pemain Afrika pada saat itu. Sebenarnya ada satu pemain bernama Claudio Gentile yang lahir dan besar di Libya namun orangtuanya berdarah Italia. Gentile kemudian tidak dianggap sebagai pemain Afrika.

Debutnya manis di Italia, kehadiran Zahoui juga disambut hangat oleh para suporter. Namun ia mendapati kendala dalam meraih kepercayaan pelatih Ascoli, Carlo Mazzone. Sebab saat itu beredar desas-desus yang menyebutkan Mazzone kurang senang dengan masuknya Zahoui ke skuat atau bahasa sopannya, pelatih menilai Zahoui tidak masuk dalam rencana formasi Ascoli.

Namun setelah diturunkan beberapa kali, Mazzone sedikit berubah pikiran. Ia terkesan dengan pemain asal Pantai Gading ini, terutama soal sikap dan kepribadiannya yang sopan di luar lapangan.

"Saya berubah pikiran. Zahoui telah terbukti orang yang berpendidikan, pendiam, dan sangat perhatian. Dia pasti memiliki masa kecil yang baik. Orangtuanya mengajarkan bagaimana berperilaku di dunia," kata Mazzone.

Meski demikian, Zahoui tetap kesulitan mendapat peran penting di klub. Ia terkadang merasa dikucilkan karena sering turun saat jelang akhir babak kedua dan hanya mendapat instruksi untuk mengulur-ulur waktu saja. Zahoui adalah anak yang baik, meski tugasnya tidak penting namun tetap ia laksanakan juga.

Pada musim pertamanya, ia hanya tampil sebanyak delapan kali saja. Tahun berikutnya, pemain Pantai Gading ini bahkan hanya diturunkan sebanyak tiga kali.

Mencari karier yang lebih ideal, Zahoui pindah ke klub asal Prancis, AS Nancy pada 1983. Di sana ia menjelma sebagai pemain andalan dan menorehkan 112 penampilan selama empat musim. Berkat penampilannya di Nancy, Zahoui untuk pertama kalinya mendapat panggilan dari timnas Pantai Gading.

Ketika Nancy degradasi pada 1987, Zahoui pindah ke Toulon dan bermain selama lima musim di sana. Kemudian pada 1992, ia pindah ke klub amatir Nevers sebelum akhirnya pensiun dan melanjutkan karier sebagai pelatih.

Toulon menjadi klub pertama yang ia latih pada 1999 dan mengambil alih kursi pelatih Pantai Gading dari 2010 hingga 2012. Pada musim terakhirnya bersama timnas Pantai Gading, ia membawa Pantai Gading menjadi runner up Piala Afrika. Kini, Zahoui masih aktif melatih dan bertanggung jawab sebagai pelatih Republik Afrika Tengah.

Jejak pemain Afrika di Serie A

Sejak pemain Afrika pertama kali menginjakkan kaki di Serie A, liga teratas sepakbola Italia ini kemudian banyak kedatangan pemain hebat dari benua Afrika.

AC Milan pernah menikmati kesuksesan bersama George Weah. Nama pemain asal Liberia ini tertulis dalam sejarah prestasi Rossoneri. Ia memenangkan dua Scudetto selama lima musim masa baktinya di San Siro. Pierre-Emerick Aubameyang juga menjadi catatan sejarah tersendiri sebagai pemain asal Gabon yang terdepak dari AC Milan, sebelum akhirnya sukses bersama Dortmund dan kini berseragam Arsenal.

Nama Patrick M'Boma dan Samuel Eto'o mewakili Kamerun. M'Boma sempat menjadi andalan Parma sementara Samuel Eto'o sukses bersama Inter Milan. Kedua penyerang itu sangat produktif pada masanya dan keduanya merupakan penyerang timnas Kamerun. Ada juga nama Kalidou Koulibaly, bek tengah tangguh yang menjadi komando lini pertahanan Napoli sejak 2014 hingga saat ini.

Serie A seringkali jadi ajang pembuktian para pemain Afrika. Banyak pemain dari sana yang menjadikan klub Italia sebagai labuhan pertama dalam perjalanan karier di Eropa. Piala Afrika seringkali menjadi kompetisi di mana para pemain menunjukkan kehebatan. Sebelum akhirnya pemandu bakat merekomendasikan mereka ke klub.

Namun beberapa klub seperti Bolognya punya cara mereka sendiri dan tidak terpengaruh oleh budaya pencarian bakat lewat Piala Afrika. Sementara klub seperti Napoli, lebih berharap kedatangan pemain Afrika yang sudah memiliki nama besar ketimbang mengambil risiko.

Kembali ke Zahoui, ia mungkin bukan pemain Afrika yang sukses di Italia. Tetapi ia membangun karier yang terhormat di Prancis dan juga reputasi di kalangan pelatih level internasional seluruh Afrika. Lebih penting lagi, ia memecahkan penghalang penting di sepakbola Italia dan membuka pintu bagi banyak pemain Afrika yang kemudian menikmati kesuksesan di Serie A.


TAG: Francois Zahoui Serie A Legenda






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI