REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Menikmati Tur Virtual Juventus Stadium


M Bimo pada 2020-07-25 jam 12:00 PM


Gantigol/Ilham Dito


Sore yang cerah di Juventus Stadium. Menjelang sunset, jalanan sekitar Via Druento dan Corso Gaetano Scirea tampak tak terlalu banyak dilewati oleh kendaraan. Spot parkir di stadion yang jadi markas Juventus ini juga tak banyak diisi oleh mobil. Setidaknya itulah yang terekam oleh kamera Google Maps.

Ya, di kala pandemik seperti sekarang ini mau liburan saja susah. Oleh karena itu, saat ini yang sedang ngetren adalah model liburan virtual lewat Google Maps dan Google Street. Dengan memanfaatkan teknologi itu, kamu bisa mendatangi spot-spot liburan di berbagai negara suka-suka kamu secara virtual.

Juventus Stadium adalah salah satu yang wajib dikunjungi jika memutuskan untuk jalan-jalan secara virtual. Stadion yang didirikan Juventus sejak 2011 sebenarnya menyediakan tur stadion sungguhan. Jika membeli paket tur ini, kamu bakal diajak berkeliling spot-spot penting di luar dan dalam stadion. Seperti misalnya ruang ganti pemain, ruang konferensi pers hingga berjalan di pinggir lapangan yang memiliki nama komersil Allianz Stadium Turin ini.

Tapi bagi kamu yang belum mampu untuk ke Italia secara langsung gak perlu khawatir. Sebab klub juga menyediakan paket tur stadion kepada penggemarnya di seluruh dunia secara cuma-cuma. Tentu saja dengan tur stadion secara virtual.

Tur virtual ini bisa kamu akses melalui website klub juventus.com lalu pilih menu Allianz Stadium, kemudian pilih sub-menu Directions and Access dan pilih menu Virtual Tour. Tur daring ini terlihat sangat nyata sebab Juventus menggunakan teknologi kamera Google seperti yang dipakai di Google Street. Dengan kata lain, kamu disuguhkan pemandangan sekitaran hingga dalam stadion dengan foto aslinya.

Ada beberapa menu yang bisa dipilih di virtual tur Juventus Stadium ini. Mulai dari area parkir, area tribun, fasilitas Stars of the Europa League, area lapangan dan fasilitas museum.

Pemandangan Kota Turin dan Juventus Stadium dari kejauhan di area parkir

Tur virtual yang disediakan oleh Juventus menyediakan informasi yang sangat lengkap. Termasuk informasi area parkir kendaraan di sekitar stadion. Setidaknya ada 11 area parkir yang dimiliki Juventus Stadium ini. Diketahui kalau area parkir resmi stadion mampu menampung hingga 2.000 kendaraan.

Dari pilihan area parkir ini, kamu bisa melihat pemandangan Juventus Stadium dari jauh. Markas Juventus ini terlihat gagah dalam balutan warna putih di bagian luarnya. Ada juga corak garis tiga warna yang merepresentasikan bendera Italia di bagian atas stadion tersebut. Garis itu dibuat melebar panjang mengitari bagian atas stadion.

Selain itu, dari area parkir ini kamu bisa melihat-melihat pemandangan Kota Turin dan area sekitar stadion. Kebetulan foto yang ditampilkan Google saat itu cuacanya sedang kalem-kalem mendung. Tambah membuat syahdu pemandangan kota dan stadion yang jadi landmark itu sendiri.

Stars of the Europa League

Setelah puas melihat-lihat bagian luar stadion dari area parkir, saatnya melihat bagian luar stadion sebelum pintu masuk ke tribun. Di bagian lantai dekat dengan gerbang masuk menuju tribun, klub memberikan penghormatan kepada mantan-mantan pemain Juventus yang berjasa besar saat klub ini berprestasi di kancah Eropa. Fasilitas ini diberi nama Stars of The Europa League.

Nama-nama pemain legendaris ini dituliskan dalam bintang berwarna emas di lantai stadion. Ada sekitar 50 pemain yang namanya diabadikan mengelilingi Juventus Stadium dan diurutkan berdasarkan abjad, mulai dari Alessandro Del Piero hingga Zinedine Zidane.

Nah, di tur virtual ini pengunjung juga diberikan pilihan untuk mengenal satu per satu pemain yang namanya dituliskan di Stars of the Europa League. Caranya adalah cukup mengunjungi salah satu bintang dan pencet ikon 'i'. Kemudian informasi pemain yang dipilih bakal muncul.

Seperti misalnya ketika memilih nama Alessandro Del Piero, pengunjung bakal diperlihatkan data seperti Del Piero telah berseragam Juventus sejak musim 1993-2012, mantan striker timnas Italia ini bermain untuk Juventus sebanyak 478 kali, mengemas 188 gol di Serie A dan terakhir adalah capaian trofi yang pernah Del Piero raih bersama si Nyonya Tua.

Ternyata bisa ke Juventus Museum lewat tur virtual, tapi…

Selain bisa menonton pertandingan secara langsung, mengunjungi Juventus Stadium adalah cita-cita yang pasti dimiliki oleh kebanyakan penggemar Juventus. Pada tur virtual ini ternyata bisa mengunjungi museum klub, tapi hanya sampai depan pintu masuknya saja.

Sebab, untuk bisa masuk ke sana kamu membutuhkan tiket masuk. Tiketnya ini dijual secara online dengan harga mulai dari 12 Euro atau setara dengan Rp 203.000. Harga segitu bisa didapatkan jika kamu anggota resmi suporter Juventus, anak di bawah usia 16 tahun, lansia di atas 65 tahun atau penyandang disabilitas. Jika di luar kategori tersebut, kamu harus membayar biaya full sebesar 15 Euro atau setara dengan Rp 253.000.

Juventus Museum buka setiap hari kecuali hari Selasa. Ada juga pembagian-pembagian jam operasional yang harus diperhatikan jika mau berkunjung langsung ke sana. Kalau kata orang Jawa, supaya tidak kecelik.

Di dalam museumnya sendiri pengunjung bakal disuguhkan informasi, data dan sejarah klub yang telah berdiri sejak 1897 ini. Tentu saja pengunjung bisa melihat perjalanan klub berjuluk si Nyonya Tua sejak lahir hingga bisa sukses seperti sekarang. Berbagai trofi yang pernah diraih klub pun dipajang di museum ini.

Begini ternyata pemandangan dari berbagai tribun Juventus Stadium

Tak usah bersedih jika tidak bisa masuk Juventus Stadium secara virtual. Meski demikian, tur virtual Juventus Stadium ini memungkinkan pengunjungnya untuk merasakan sensasi duduk di tribun stadion. Berbagai sektor bisa dipilih, di website setidaknya ada tiga sektor yang bisa dipilih dari empat tribun Juventus Stadium yakni sektor biru, kuning dan hijau.

Sektor-sektor ini juga bisa dipilih sesuka hati. Ketika kamu klik pilihan sektornya, bakal muncul jendela pemandangan dari sektor tribun tersebut. Fasilitas ini menjadikan pengunjungnya benar-benar seperti ada di tribun sungguhan. Sayangnya foto yang ditampilkan adalah ketika tribun sedang tidak ada penonton. Sehingga atmosfer pertandingannya kurang terasa.

Ada empat nama tribun yang dimiliki stadion ini. Pertama ada tribun Curva Nord. Tribun ini menjadi rumah bagi ultras Juventus. Di seberangnya ada tribun Curva Sud. Tribun bagian selatan ini juga diisi oleh para suporter dengan aliran garis keras.

Tribuna Est alias tribun timur memiliki dua tingkat. Sementara itu Tribuna Ovest yang berada di barat adalah tribun VIP yang di bawahnya terdapat terowongan pemain, ruang ganti dan ruang istirahat.

Melihat seisi stadion megah dari lapangan

Meski tidak bisa ikut tur stadion secara langsung, untungnya tur virtual ini memperbolehkan pengunjung menyaksikan pemandangan stadion dari pinggir lapangan. Kamu bisa 'berjalan-jalan' di pinggir mengitari lapangan. Mulai dari pinggir tribun Ovest, melaju ke sebelah kanan dan berjalan di belakang gawang tribun Curva Sud, kemudian menyambung ke bagian tribun Est hingga akhirnya sampai ke belakang gawang tribun Curva Nord.

Dari fitur ini pengunjung dapat melihat betapa megahnya stadion Juventus Stadium dari dalam lapangan. Setidaknya inilah yang dilihat oleh mata kepala para pemain ketika menginjakkan kaki di rumput stadion dengan segudang fasilitas mewah dan canggih ini. Ah, dijamin bikin takjub deh.

Fitur pemandangan dari lapangan bukan fitur terakhir yang ada di tur virtual Juventus Stadium. Selain fitur-fitur di atas, ada juga fasilitas informasi pelayanan yang ada di area stadion. Misalnya seperti di mana letak kamar mandi, ruang kesehatan, pojok penjualan merchandise klub, bar, fasilitas hiburan dan masih banyak lagi.

Informasi ini tentu saja dibutuhkan tak cuma saat tur virtual saja. Tetapi ketika pengunjung ada di stadion langsung sekalipun, informasi ini tentu berguna sekali.

Yah, meskipun sifatnya hanya virtual namun tur ini bisa sedikit mengobati rasa ingin tahu penggemar Juventus yang belum kesampaian datang langsung ke Juventus Stadium. Lumayan kan hanya dari virtual, kamu bisa langsung tahu seisi stadion Juventus Stadium.


TAG: Juventus Juventus Stadium Serie A






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI