REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Misteri Jersey Super Mario yang Akhirnya Terungkap


M Bimo pada 2021-01-04 jam 12:00 PM


gantigol/Ilham Dito


Jersey pada sepakbola bukan hanya sebuah seragam tim yang dipakai pada saat pertandingan. Itu lebih berharga daripada sebuah cetak foto suporter dan pemain idolanya. Khususnya bagi para kolektor, jersey sudah jadi barang suci yang harus didapatkan. Semakin tua usia jersey maka harganya semakin mahal.

Ada beberapa jersey lawas yang terkenal langka dan ikonik. Beberapa di antaranya ada jersey away Arsenal musim 1991-93, jersey away Amerika Serikat saat memenangkan Piala Dunia 1994, jersey kandang Belanda ketika juara Euro 1988, jersey Jerman Barat saat juara Piala Dunia 1990 di Italia dan hampir semua jersey Napoli di era Diego Maradona.

Namun ada satu jersey yang tak cuma ikonik tapi juga sangat langka. Adalah jersey tandang Fiorentina pada musim 1997-1998. Jersey Fiorentina itu unik karena ada gambar sosok Super Mario di bawah logo Nintendo yang jadi sponsor utama mereka. Tapi masalahnya, kehadiran jersey ini sangat mistis bahkan hampir tidak bisa ditemukan.

Isu jersey Fiorentina x Super Mario ini berkembang di kalangan kolektor pada beberapa tahun belakangan. Foto jersey itu banyak tersebar di sosial media selama bertahun-tahun. Kabar burung mengatakan ada 300 jersey edisi terbatas yang diproduksi. Namun hingga kini, belum ada orang yang pernah melihat apalagi memilikinya. Meski demikian, para kolektor tetap bersikukuh untuk menelusuri keberadaan jersey Fiorentina ini.

Sempat muncul harapan ketika jersey Fiorentina ini masuk ke dalam 50 jersey terbaik sepanjang masa versi FourFourTwo pada 2019 lalu. Jersey itu menempati posisi ke-23. Pada artikel itu, jersey ini punya wacana akhirnya akan dijual pada suatu saat nanti.

Harapan menjadi nyata. Website cultkits.com, penyedia jersey vintage dan langka, pada September lalu mengumumkan telah mendapatkan jersey paling langka yang pernah diproduksi ini. Lewat media sosial, mereka mulai menjual jersey tersebut pada 5 September lalu.

Seperti yang telah diperkirakan, website mengalami gangguan akibat banyak yang mengakses di waktu yang sama. Namun di tengah-tengah keriuhan kolektor yang sulit mengakses website Cult Kits, Twitter heboh dengan pengakuan seseorang yang berhasil membeli jersey seharga 500 Poundsterling (setara dengan Rp 9,4 juta) dari Cult Kits. Orang bernama Ellis Platten ini mengaku beruntung sepersekian milidetik setelah jersey muncul di website.

 

Jersey yang Beredar Asli atau Palsu?

Mungkin 5 September 2020 menjadi hari patah hatinya para kolektor jersey sepakbola. Angan mereka untuk mendapatkan jersey Fiorentina paling langka pupus dikalahkan oleh satu orang.

Ellis Platten merupakan seorang streamer YouTube dari Norwich. Ia merekam proses pembelian jersey tersebut untuk keperluan konten kanal YouTube miliknya bernama AwayDays. Namun keraguan terus muncul dari fenomena jersey Fiorentina x Super Mario ini. Kalau dikabarkan ada 300 jersey yang diproduksi, mengapa ini begitu sulit ditemukan. Apakah jersey yang dijual di Cult Kits itu adalah barang asli?

Berbagai teori konspirasi pun bermunculan. Ada yang bilang ini adalah strategi Nintendo untuk proyek Game Boy yang saat itu memang sedang berada di puncak popularitas. Tapi baik dulu hingga sekarang, tidak ada dokumentasi yang memperlihatkan Gabriel Batistuta, Rui Costa atau pemain Fiorentina manapun pada masanya yang pernah mengenakan jersey kolaborasi ini.

Informasi soal jersey ini sangat sedikit sehingga memunculkan keraguan bagi Ellis Platten. Ia pun sempat meminta pendapat warganet di Twitter ketika menemukan beberapa kejanggalan pada jersey yang didapat dari website Cult Kits tersebut.

Beberapa yang janggal menurut Ellis yaitu jersey ini memiliki keterangan dibuat di Meksiko, penempatan logo klub yang dirasa aneh dan mengapa wajah Mario digambarkan berwarna kuning?

"Mengapa kemeja promosi yang hanya pernah dirilis di Italia dibuat di Meksiko?" tanya dia di Twitter.

Setelah tidak dapat konfirmasi resmi dari Fiorentina, Nintendo maupun Fila selaku pembuat jersey Fiorentina pada musim itu, Ellis kemudian melakukan pengembalian jersey ini kepada Cult Kits yang kemudian dijual kembali di website dengan harga yang sama.


Jawaban yang Ditunggu namun Tidak Diinginkan

Emmet Gates dari The Gentleman Ultra melakukan penyelidikan lebih dalam mengenai misteri jersey Fiorentina ini. Ia menghubungi beberapa ahli di dunia jersey klasik. Namun tidak mendapat jawaban konkret dari mereka, sebab mereka pun belum pernah melihat ataupun memiliki jersey itu.

Meski demikian, salah satu ahli bernama Doug Bierton mengungkapkan memiliki jersey latihan Fiorentina yang ada gambar Mario di belakangnya. Jersey latihan itu sepertinya asli karena ada dokumentasi lawas di mana seorang pemain Fiorentina memakai jersey latihan berwarna biru tersebut.

Gates kemudian meminta konfirmasi dari Cult Kits yang juga tidak bisa memberikan verifikasi keasliannya. Kemudian pencariannya sampai ke Nintendo selaku sponsor Fiorentina dan pemilik hak tokoh Super Mario untuk meminta konfirmasi resmi. Namun hasilnya zonk.

Setelah berkomunikasi dengan Nintendo tidak menghasilkan apa-apa, Gates melanjutkan pencarian fakta yang memakan waktu sebulan ini dengan mengirimkan pertanyaan ke Fiorentina. Dalam 24 jam, ia mendapatkan jawaban resmi dan mungkin akan mengejutkan banyak orang.

"Jersey itu palsu," ujar perwakilan klub Fiorentina.

Pernyataan Fiorentina ini harusnya bisa bikin tidur tenang. Kemungkinan terbesarnya adalah ada orang iseng yang mencetak gambar Mario di jersey asli Fiorentina. Kemudian orang ini memilih jersey away untuk mengalihkan ingatan banyak orang karena tentu jersey away lebih jarang digunakan.

Tapi meskipun sudah dinyatakan palsu, apakah ini akan menghentikan orang untuk memburu jersey Fiorentina x Super Mario ini? Bisa juga tidak. Jersey ini terlalu bagus untuk dijadikan nyata. Bisa saja penggemar sepakbola yang sekaligus ngefans dengan Nintendo atau Mario tetap ingin memiliki jersey tersebut.

Pada akhirnya, misteri jersey ini meninggalkan diskusi, perdebatan dan perbincangan menarik di kalangan kolektor jersey.


TAG: Fiorentina Mario Bros Nitendo Jersey Serie A






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI