REGISTER
Keranjang Anda Kosong
Total:
0

Posisi David de Gea Semakin Terpojok, Sudah Saatnya Angkat Kaki?


M Bimo pada 2021-03-26 jam 12:00 PM


Gantigol/Ilham Dito


Musim 2020-2021 tampaknya bukan musim yang mujur bagi David de Gea. Kiper Manchester United ini mengalami performa yang jauh dari harapan. Baik di Premier League maupun di kancah Eropa, penjaga gawang asal Spanyol ini memiliki masalah inkonsistensi.

Berbagai catatan statistik menunjukkan kalau musim ini penampilannya terbilang buruk. Mulai dari tingkat penyelamatan yang rendah, sering melakukan blunder, hingga rekor cleansheet paling buruk di Premier League dicatatkan oleh De Gea. Penurunan performa dan masalah inkonsistensi ini disinyalir telah menghantuinya sejak Piala Dunia 2018.

Padahal, pria berusia 30 tahun ini punya jajaran bek yang cukup tangguh di barisan belakang. Ada Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire dan Luke Shaw sebagai empat pemain bertahan yang jadi andalan Solskjaer. Situasi pertahanan Manchester United juga bisa dibilang sangat jomplang dengan kondisi penyerangan mereka yang cukup produktif usai liga kembali digulirkan akibat pandemik.

Kabar terbaru, De Gea mulai jarang terlihat batang hidungnya di bawah mistar Setan Merah. Sejak awal Maret, posisi penjaga gawang diisi oleh Dean Henderson yang merupakan pelapisnya. Bahkan Henderson telah menjadi starter lima pertandingan berturut-turut termasuk di pertandingan Derby Manchester dan Europa League kontra AC Milan.

Pulang ke Spanyol Menyambut Kelahiran Anak Pertama

Sejak 3 Maret 2021 atau lebih tepatnya pada pertandingan Premier League versus Crystal Palace, keberadaan David de Gea dipertanyakan. Saat itu pemain nomor 1 di bawah mistar digantikan oleh Dean Henderson.

Suporter makin bertanya-tanya ketika pada pertandingan derby melawan Manchester City, De Gea pun tak tampak ada di bawah mistar ataupun bangku cadangan. Padahal itu adalah pertandingan yang sangat penting bagi Setan Merah. Beruntung mereka bisa menang 2-0.

Usut punya usut, kiper nomor satu MU dan timnas Spanyol ini mengambil cuti untuk pulang kampung. Ia dikabarkan terbang ke Spanyol untuk menemani sang istri yang melahirkan anak pertama mereka.

Ini terlihat dari postingan Twitter penjaga gawang tersebut yang diunggah pada 5 Maret 2021. Pada cuitan itu, De Gea mengunggah foto tangan anak pertamanya dengan ada tulisan Yanay di foto itu yang merupakan nama sang anak.

Dilansir dari website resmi Manchester United, Solskjaer mengumumkan kalau ia dan klub memang mengizinkan De Gea pulang untuk menemani persalinan kekasihnya, Edurne Garcia.

"Ini hari yang fantastis bagi David, tentu saja. Ketika menjadi seorang ayah, itu mungkin perasaan terbaik yang bisa anda miliki. Kami mengizinkannya untuk pulang dan menemani pacarnya. Kami ingin pemain kami kembali secepat mungkin," ujar pelatih Manchester United tersebut.

Namun Solskjaer cukup khawatir bahwa De Gea bisa kembali dalam waktu singkat. Masalahnya, sejak ada pandemik urusan bepergian jadi begitu rumit. Jika dulu seorang pemain cuti pulang kampung dan dalam beberapa hari bisa langsung disiapkan di pertandingan. Namun kini, mereka harus mematuhi peraturan pemerintah menyoal karantina dan lain-lain terlebih dahulu. Bahkan sebenarnya, Solskjaer menyarankan De Gea untuk tetap berada di Spanyol hingga jeda internasional yakni akhir Maret.

Tapi nyatanya, De Gea dikonfirmasi telah kembali ke Manchester pada 12 Maret silam. Berarti sebenarnya ia hanya izin selama sembilan hari, namun ia tetap melewati laga kandang MU kontra West Ham pada 14 Maret karena kemungkinan masih menjalani proses karantina.

Empat hari kemudian, De Gea dikabarkan telah siap merumput kembali untuk menyongsong laga leg kedua Europa League melawan AC Milan. Namun, di pertandingan itu dia hanya dicadangkan dan Henderson kembali menjadi starter.

Dean Henderson Sudah Siap Ambil Posisi De Gea

Pada pertandingan melawan Crystal Palace kemarin bukanlah pertandingan debut Henderson bersama MU pada musim ini. Dia pernah bermain di matchday 10 versus Southampton, matchday 11 kontra West Ham dan matchday 13 melawan Sheffield United. Henderson juga pernah turun di pertandingan Champions League, Europa League, FA Cup dan EFL Cup bersama MU pada musim ini.

Dengan absennya De Gea, jalan Henderson untuk mengambil posisi nomor satu di bawah mistar gawang terbuka lebar. Penjaga gawang berusia 24 tahun ini kembali ke Old Trafford usai menjalani dua musim masa pinjaman di Sheffield United.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Henderson kembali ke Old Trafford dengan membawa misi menggeser De Gea yang sedang goyah. Lampu bahaya untuk De Gea, oleh karena Henderson mencatatkan statistik yang cukup solid selama ia menggantikannya.

Dari tiga pertandingan Premier League saat De Gea sedang cuti, Dean Henderson mencatatkan 100 persen cleansheet. Ia tidak terbobol pada pertandingan melawan Crystal Palace, Manchester City dan West Ham. Di laga away leg kedua Europa League melawan Milan pun Henderson meraih cleansheet. Jika ditotal, kiper muda ini sudah mendapat 12 kali cleansheet dan 10 kali kebobolan dari 18 pertandingan di semua kompetisi.

Ini tentu menjadi catatan yang bisa jadi bahan evaluasi untuk Solskjaer jika ia kurang puas dengan performa De Gea pada musim ini. Bukan tak mungkin kalau Henderson yang bakal dipilih menjadi starter di sisa musim yang ada.

Mulai berkembang juga rumor tentang De Gea yang bakal angkat kaki dari Old Trafford pada akhir musim. Manchester United dikabarkan telah punya rencana untuk menukarkannya dengan Jan Oblak dari Atletico Madrid. Oblak masih memiliki kontrak dengan Atletico hingga 2023 dan punya daya tebus yang mahal, yakni sekitar 103 juta Poundsterling (setara Rp2 triliun).

Tapi Setan Merah memiliki rencana untuk memasukkan nama David de Gea pada kesepakatan tersebut demi mengurangi banderol yang harus dibayar. Tentu saja Manchester United bakal rela, sebab dalam beberapa musim terakhir Oblak catatkan performa yang lebih baik daripada kiper Spanyol tersebut.

Sementara kabar lain yang dihimpun Football Insider, MU juga sedang mengincar eks kiper Arsenal yang saat ini bermain untuk Aston Villa, Emiliano Martinez. Intinya, United saat ini memang sedang mencari kiper pengganti De Gea untuk bursa transfer selanjutnya. Dan bukan tidak mungkin, ini adalah jalan terakhir De Gea untuk segera hengkang dari Old Trafford.


TAG: Manchester United David De Gea Dean Henderson Premier League






BACA LAINNYA


LAPAK


ARTIKEL POPULER


LEGENDA BULAN INI


IKUTI KAMI